Sabtu, Juli 18, 2009

LOLITA - Vladimir Nabokov


Pengakuan seorang duda yang mencintai anak tirinya sendiri yang masih berumur 13 tahun dan masih dianggap kecil pada masa itu. Apa yang dia lakukan sebenarnya adalah pelanggaran norma. Tetapi dengan mengedepankan atas nama CINTA, apa dia lakukan adalah sesuatu hal yang wajar.

Bercerita tentang seorang duda bernama Humbert Humbert yang jatuh cinta pada sang Lolita - si gadis dibawah umur, Dolorez Haze. Karena cintanya pada sang Lolita, Humbert pun rela untuk menikahi sang janda yag tidak lain adalah ibu sang Lolita, demi mendekatkan diri kepada sang Lolita. Setelah sang janda meninggal karena kecelakaan, sang duda pun membawa Lolita berkelana mengelilingi Amerika dan memegang teguh atas nama CINTA.

Novel yang unik. Karena secara gamblang sang penulis sebagai orang pertama, menceritakan perjalanan sang Humbert demi mendapatkan cinta sang Lolita yang tidak bisa ditebak jalan pikirannya. Kadang dia merupakan gadis yang manis kadang dia adalah gadis yang mengesalkan. Hari demi hari yang Humbert jalani adalah demi CINTA-nya kepada Lolita yang sangat ia sayangi. bukan sebagai anak melainkan sebagai kekasih.

"Salah satu novel yang paling berpengaruh di dunia" menurut majalah TIME. Bacaan yang gamblang dan menggunaan bahasa kiasan untuk menceritakan tiap-tiap kejadian. Rating buat buku ini : 4,5.

Tidak ada komentar: